Cara Menggunakan Rumus Hlookup dan Vlookup MS. Excel

VLOOKUP
(vertikal look up)
            Lookup digunakan untuk mencari nilai atau baris pada kolom tertentu. Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam suatu tabel dengan menggunakan bantuan table dengan menggunakan bantuan tabel vertical. akan ada dua tabel yaitu tabel utama dan tabel vertical.

=> Tabel Utama

        Buatlah data yang diinginkan, yaitu data tabel utama dan data tabel referensi VLOOKUP.

        Gambar diatas sebagai contoh dapat kita lihat ada tabel utama, tabel referensi vlookup dan rumus vlookup. untuk rumus vlookup tergantung pada komputer masing-masing. pada saat memasukan referensi di rumus setelah kita memblok tabel referensi harus klik f4 atau fn agar rumus dapa berjalan sebagai mana mestinya. 

Sebagai Contoh Hasil Data Menggunakan Rumus Vlookup

HLOOKUP
(horizontal look up)
            Hlookup digunakan untuk mencari nilai dalam suatu tabel dengan menggunakan bantuan table dengan menggunakan bantuan tabel vertical. akan ada dua tabel yaitu tabel utama dan tabel vertical.

=> Tabel Utama



        Gambar diatas sebagai contoh dari tabel utama, referensi hlookup, dan rumus hlookup. penggunaan rumus hlookup pada tabel referensi nya harus berbeda atau tabel data referensi berada pada horizontal.

Sebagai Contoh Hasil Dari Data Menggunakan Rumus Hlookup

        Cara menggunakan rumus vlookup dan hlookup sangat sederhana, perbedaan rumusnya berada pada tabel referensinya.


Untuk memperjelas pemahaman dan cara prakteknya silahkan lihat vidio ini!



Komentar